Tuesday, July 1, 2008

Referensi, Faktor Penting dalam Menulis

Kemaren aku mendapat telepon dari seorang teman yang menawarkan sebuah pekerjaan menulis.

Aku langsung menyetujuinya dan segera membuat tulisan sesuai tema yang ditentukan.

Beberapa saat kemudian, aku mengalami kesulitan dalam menulis karena tidak mempunyai referensi yang berkaitan dengan tema yang akan aku tulis.

Saat itu, aku berpikir di mana aku harus mencarinya?

Setelah diam beberapa saat, aku mulai browsing dan mencari artikel-artikel yang sesuai dengan tema yang akan aku tulis. Hasilnya? Aku kembali lancar menulis dan menyelesaikan 40 halaman dalam waktu satu hari.

Tulisan itu kemudian aku kirimkan ke temanku dan esoknya aku mendapat kabar bahwa tulisanku diterima.

Inilah satu pelajaran berharga mengenai pentingnya sebuah referensi.

Dengan memiliki referensi, kita akan mudah dalam menulis, karena sebagai penulis kita dapat mengembangkan tulisan dari referensi yang kita miliki.

Pesanku, perbanyak membaca dan mengumpulkan referensi agar kamu dapat menulis dengan baik.

No comments: