Thursday, July 3, 2008

Saat Writer Block Melanda

Dalam menulis, terkadang kita mengalami yang namanya writer block. Hal ini sangat mengesalkan dan membuat kita tidak berdaya. Apa yang seharunya kita lakukan bila kita mengalami hal ini?

Sebagai panduan untuk inspirasi anda, saya jelaskan beberapa langkah untuk mengatasi writer block, yaitu:

1. Tinggalkan tulisan Anda.

Dengan meninggalkan tulisan Anda, berarti fisik dan jiwa serta otak Anda mendapat kesempatan untuk beristirahat. Dengan demikian, setelah semua kembali ke energy semula, Anda bisa melanjutkan kembali tulisan Anda.

2. Cari hiburan.
Tubuh dan jiwa Anda sama dengan mesin yang membutuhkan istirahat dan perawatan. Jangan paksakan tubuh dan jiwa Anda untuk melakukan sesuatu diluar batas kemampuannya.
Untuk tubuh Anda bisa tidur dan beristirahat supaya, tubuh kembali segar.
Sedang untuk jiwa Anda bisa mencari hiburan dengan menonton film-film yang Anda sukai, hiburan yang membuat Anda tertawa atau jalan-jalan dan shopping.

3. Coba cari referensi

Terkadang, writer block yang saya alami karena saya kekurangan referensi untuk tulisan saya. Oleh karena itu, saya suka mencari bacaan yang sama dengan apa yang saya tulis.

Cara tersebut biasanya membantu saya dalam menulis kembali.

Tetap semangat dan terus menulis!

No comments: